in

Gambar Mewarnai 20 Aksara Jawa yang Perlu Kita Lestarikan

Aksara Jawa dikenal juga dengan Hanacaraka, Carakan atau Dentawyanjana. Aksara ini berkembang di Jawa dan dulunya digunakan untuk menulis suatu informasi. Aksara Jawa merupakan salah satu aksara turunan Brahmi di Indonesia yang sejarahnya dapat ditelusuri dengan runut karena banyaknya peninggalan-peninggalan yang memungkinkan penelitian epigrafis secara mendetail.

Sepanjang sejarahnya, aksara Jawa ditulis dengan sejumlah media mulai dari batu dan lempengan logam. Aksara Jawa mulai dituliskan dalam kertas pada abad ke-13. Hal ini berkaitan dengan penyebaran agama Islam yang tradisi tulisnya didukung oleh penggunaan kertas dan format buku kodeks. Dari sinilah mulai aksara Jawa Kawi berubah ke arah yang modern. Pada abad ke-15 aksara Jawa sering digunakan sebagai tulisan sehari-hari.

Aksara Jawa Hanacaraka dikenal juga dengan Carakan yaitu aksara turunan Brahmi yang populer digunakan sebagai penulisan naskah berbahasa Jawa, Madura hingga Bali dan Sasak.

Berikut ini beberapa jenis gambar mewarnai aksara Jawa yang perlu kita lestarikan kepada anak cucu kita:

Pujilah mereka atas usahanya. Sekiranya Anda melihat anak Anda membuat kesalahan dikala mewarnai, tolong mereka dengan itu daripada memarahi. Ajari ia cara mengisi ruang dan lakukan gerakan naik dan turun. Anda juga bisa mengajarkan dia untuk memakai warna komplementer untuk membikin gambar nampak lebih hidup. Mewarnai juga merupakan sarana berekspresi yang betul-betul baik. Si-buah hati tak jarang mengekspresikan kepribadian mereka melalui menggambar dan mewarnai.

Written by mbak lintang