in

Desain Taman Minimalis di Lahan Sempit

Tanaman di sekitar rumah memang bisa menghadirkan suasana menjadi lebih asri. Untuk itu, keberadaan taman di rumah sebagai area berkumpulnya tanaman penting sekali untuk dihadirkan di rumah. Salah satu rintangan untuk menghadirkan taman yang kerap muncul adalah lahan yang sempit. Namun, jangan biarkan kreativitas kita untuk menghadirkan area hijau jadi tersendat karena ukuran lahan.

Taman rumah seringkali menjadi bagian yang paling terakhir diperhatikan. Namun, jangan sampai kamu menyepelekan keberadaan bagian ini, ya! Sebab, keberadaan taman bisa membuat tampilan rumah kamu semakin asri dan cantik. Buat kamu yang kebingungan karena punya lahan terbatas, taman rumah minimalis bisa dijadikan pilihan yang cocok. Membuat desain taman minimalis di lahan sempit memang susah-susah gampang. Nah, untuk mengatasi kebingungan kamu, beberapa desain taman minimalis di lahan sempit yang akan kami bagikan berikut ini bisa jadi solusinya!

Di lahan yang sempit, seringkali area terbuka di rumah hanya tersisa di bagian samping rumah. Biasanya area ini menjadi jalan pintas dari bagian depan rumah untuk langsung menuju dapur atau area bagian belakang rumah lainnya. Nah, daripada hanya dibiarkan berfungsi sebagai jalan saja, kamu bisa memperindah tampilan area ini dengan desain taman minimalis di lahan sempit yang satu ini. Karena area samping rumah yang biasanya berbentuk memanjang, maka desain taman minimalis di lahan sempit yang satu ini juga harus disesuaikan dengan pola memanjang. Misalnya saja dengan menanam pohon atau membuat aquascape mini secara berderet dalam satu garis lurus mengikuti panjang lahan yang tersedia. Sediakan juga kursi panjang kecil sebagai tempat kamu untuk bersantai.

Taman memang menjadi salah satu pelengkap di sekitar rumah Anda. Hal ini dikarenakan taman memberikan efek menyejukan bagi rumah Anda. Dulu memang taman hanya ada di beberapa rumah mewah dengan halaman yang luas, namun untuk saat ini taman juga dapat dibuat dilahan yang sempit. Berikut ini kami sajikan beberapa desain taman untuk lahan sempit yang dapat Anda jadikan referensi saat berencana untuk membuat taman di sekitar rumah Anda!

Untuk taman di lahan sempit tentu diperlukan desain khusus dimana taman dibuat seminimalis mungkin. Tentunya, Anda jangan memiliki keinginan untuk membuat taman dengan ukuran yang luas. Namun, Anda sebisa mungkin mendesain taman minimalis secantik mungkin agar memiliki tampilan yang sempurna meskipun mungil. Untuk itu, diperlukan desain dan juga contoh khusus yang bisa Anda pilih untuk digunakan di taman Anda.

Taman kecil memang menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang memiliki lahan yang sempit. Lahan yang sempit tentunya memberikan keterbatasan kepada kita untuk mendesain taman sesuai dengan space yang ada. Namun saat ini banyak sekali referensi yang bisa Anda contoh untuk diaplikasikan di taman rumah Anda.

Bagaimanapun juga, rumah dengan taman yang sempit akan tetap memberikan kenyamanan dan juga kesejukan bagi rumah Anda. Meskipun memiliki taman yang sempit, namun tetap saja Anda harus menonjolkan area berwarna hijau. Beberapa pelengkap yang bisa Anda gunakan untuk taman mungil Anda yakni desain bunga gantung ataupun pot bunga yang disusun serapi dan semenarik mungkin.


Beberapa jenis tanaman menggantung tentunya bisa menjadi pilihan yang cerdas bagi Anda. Selain itu, Anda juga dapat menanam beberapa rumput hias di space yang tersedia di halaman rumah Anda. Untuk itu, memiliki lahan yang sempit bukanlah halangan bagi Anda untuk memiliki sebuah taman di depan rumah Anda.


Hadir dengan tampilan yang menakjubkan tentu tidak serta merta harus memiliki lahan yang luas. Seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di atas yakni sebuah taman dengan space yang terbatas menjadi spot yang mencuri perhatian Anda. Taman tersebut sepenuhnya dapat Anda miliki di rumah Anda.  Meskipun Anda memiliki space bukan di halaman rumah Anda, namun Anda masih tetap bisa memiliki sebuah taman di belakang rumah Anda. Hanya lahan sekitar 2m x 1,5m tentu bisa memberikan tampilan taman yang tidak kalah dengan taman pada lahan yang luas. Di  belakang rumah Anda tentunya dapat Anda dapat menempatkan beberapa pot yang ditanam berbagai jenis bunga. Selain itu, Anda juga bisa membuat pagar berukuran cukup kecil sebagai pembatas antara teras dan taman mungil Anda.

Written by mbak lintang