in

7 Inspirasi Fasad Rumah Mewah Minimalis

Fasad (facade) pada dasarnya adalah bagian muka dari sebuah bangunan. Oleh karena itu, fasad bisa berarti bagian muka bangunan samping, belakang, atau depan. Walau begitu, seiring dengan perkembangan waktu, fasad lebih sering diartikan sebagai bagian depan dari sebuah bangunan. Kalau pagar itu bisa dianggap sebagai pakaian, maka fasad adalah wajah dari rumah.

Saat ini tren minimalis telah menjamur ke mana-mana. Mulai dari gaya berpakaian, hingga desain rumah. Tak terkecuali desain eksterior atau fasad rumah. Konsep minimalis memiliki prinsip less is more, semakin sederhana maka semakin baik. Tidak heran desain minimalis sangat minim dengan ornamen atau dekorasi.

Desain minimalis memang terlihat sederhana, namun bukan berarti murahan. Dengan pemilihan bahan dan desain yang tepat oleh para arsitek handal dari homify, maka desain minimalis pun tetap dapat terlihat mewah.

Fasad akan memberi kesan pertama bagi siapa pun yang melihatnya. Fasad gedung Gotik mungkin akan terkesan berat. Fasad Pantheon Yunani terasa manis dan harmonis. Fasade sebuah country house terasa akrab dan hangat. Begitu seterusnya. Masih bingung menentukan fasad yang cocok bagi rumah idaman Anda? Berikut ini adalah beberapa ide fasad rumah yang akan memberi kesan sejuk bagi siapa pun yang memandangnya dan membuat Anda nyaman memilikinya.

Memiliki rumah minimalis bukan berarti harus memiliki rumah simplistik yang terkesan kering. Anda bisa membuatnya lebih hijau dengan sedikit sentuhan elemen hijau. Pot-pot tanaman yang biasanya tampak ordinary bisa menjadi satu titik pandang yang keren dengan rak vertikal, menjadi aksen yang sedap untuk keseluruhan fasad. Teralis-teralis aksen minimalis tidak hanya sebagai ikon hiasan saja, namun juga digunakan sebagai sandaran bagi greenery. Keseluruhan efek yang tercipta dari fasad rumah minimalis  ini adalah sebuah rumah yang terbuka dan sejuk.

Merencanakan rumah mewah bisa memberi tantangan tersendiri. Setiap detil layout harus matang, atau keseluruhan bangunan nantinya tampak tidak harmonis. Begitu pula dengan pemilihan tema fasad-nya. Contoh fasad rumah mewah berikut ini bisa mewakili keinginan Anda. Rumah kontemporer-modern yang berlokasi di Pondok Indah ini menyajikan apa yang Anda inginkan, yaitu sebuah rumah mewah dengan  fasad yang terkesan begitu ringan dan sejuk berkat desain open yang dianutnya. Kolom-kolom yang besar tampak ringan, karena dimbangi ruang-ruang berjendela besar dan tanpa partisi.

Tak ada yang bisa mengalahkan kayu saat Anda menginginkan suasana sejuk dan santai, seperti yang ditunjukkan oleh ilustrasi berikut ini. Fasad bernuansa kayu menyambut siapa pun yang bertandang atau menatap rumah villa yang ada di Ubud ini. Kesan ringan dan minimalis langsung terasa, begitu pula atmosfer segar langsung menyergap. Semua itu berkat tema kayu yang menjadi platform dari fasad vila modern-tropis ini. Kesan total yang ditangkap adalah bahwa vila ini terkesan menyatu dengan hijau alam di sekitarnya. Kesan elegan didapat, sejuknya pun berlimpah.

Membuat rumah mungil yang bisa mengesankan setiap yang memandang  kuncinya ada pada fasad. Namun begitu, membuat fasad minimalis yang ikonik dan tidak terhanyut oleh arus desain mainstream bukanlah perkara yang gampang, setidaknya jika Anda masih bingung dengan konsep fasad yang diinginkan. Ilustrasi berikut bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang sedang mencari fasad yang ikonik. Garis-garisnya tegas dan sederhana, namun memiliki faktor bentuk dan kombinasi bahan yang istimewa.  Kombinasi sidings yang tegas namun menarik antara cladding tone kayu dan perforated-concrete hitam di sampingnya.

Mana ada rumah tropis yang gerah? Rumah tropis, dari yang bergaya Indische hingga rumah kayu Pesisiran (atau pendapa di pedalaman Jawa) tetap menganut layout ruangan yang terbuka yang memungkinkan udara masuk secara bebas. Namun ilustrasi fasad rumah tropis berikut memang menarik sekali konsepnya.
Rumah tropis bernuansa minimalis yang terletak di Bandung ini cocok untuk mengisi kebun belakang Anda. Paduan antara modern tropical facade ini dengan teras minimalis tampak padu. Kolam renang infinity menambah aksen dan kesegaran yang telah terbentuk dari kombinasi keduanya. Taman minimalis yang menghijaukannya menjadi finish yang manis.

Bagi pencinta gaya vintage atau lawasan, tanpa polesan apa pun, sebuah rumah tradisional tetap akan cantik. Bahkan seiring dengan berjalannya waktu, kesan kuno itu malah semakin sedap di pandang. Namun begitu, karena perkembangan waktu pula, ada sebagian yang sangat eklektik (Mungkin Anda termasuk?), sehingga suka memadukan gaya lawas dengan modern. Rumah vila di Ubud (Bali) ini bisa menjadi inspirasi. Fasad vila tradisional  limasan Jawa ini telah mendapat sentuhan modern minimalis dengan tambahan beberapa pintu dan jendela kaca ukuran besar. Paduan keduanya, plus satu kolam renang dan kehijauan taman, membuat suasana terasa damai dan adem.

Written by mbak lintang