in

7 Buah Kering Selain Kurma untuk Takjil Berbuka, Manis Kembalikan Energi

Selama bulan suci Ramadan, kurma menjadi salah satu makanan wajib berbuka. Kurma memang memiliki banyak keistimewaan mulai dari kesehatan hingga keberkahannya. Kurma mengandung gula alami yang dapat mengembalikan asupan energi setelah berpuasa seharian.

Namun, selain kurma ada buah-buahan kering yang juga tak kalah bermanfaat. Buah-buahan kering ini bisa menjadi makanan berbuka atau dicampur dengan takjil lainnya. Sepotong buah kering mengandung jumlah nutrisi yang hampir sama dengan buah segar, tetapi dipadatkan dalam bentuk yang jauh lebih kecil.

Buah kering adalah buah yang hampir semua kandungan airnya dihilangkan melalui metode pengeringan. Buah menyusut selama proses ini, menyisakan buah kering kecil yang padat energi. Ini membuat buah kering cocok dijadiklan takjil berbuka karena dapat mengembalikan energi dengan cepat.

Buah kering umumnya mengandung banyak serat dan merupakan sumber antioksidan yang baik, terutama polifenol. Namun, karena tinggi gula, buah kering harus tetap dikonsumsi dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan. Berikut buah kering selain kurma yang bisa dijadikan takjil berbuka.

Kismis

Kismis merupakan salah satu buah kering yang sangat populer. Kismis terbuat dari buah anggur yang dikeringkan. Kismis dibuat tanpa tambahan gula tetapi dikemas dengan serat, kalium, zat besi dan nutrisi penting lainnya. Kismis bisa jadi variasi buah kering untuk takjil berbuka.

Kismis secara alami manis dan tinggi gula dan kalori, tetapi mereka bermanfaat bagi kesehatan jika dimakan dalam jumlah sedang. Faktanya, kismis dapat membantu pencernaan, meningkatkan kadar zat besi, dan menjaga tulang tetap kuat.

Kismis juga dapat berperan mencegah anemia. Kismis mengandung banyak zat besi, tembaga, dan vitamin B-Kompleks yang penting untuk membuat sel darah merah dan membawa oksigen ke seluruh tubuh. Anemia termasuk kondisi yang perlu diwaspadai selama berpuasa.

Prune

Prune merupakan sebutan dari buah plum kering. Prune sangat bergizi, kaya serat, kalium, beta-karoten (vitamin A) dan vitamin K. Plum kaya akan antioksidan, yang membantu mengurangi peradangan dan melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Prune terkenal khasiatnya yang dapat mencegah sembelit. Ini karena tingginya jumlah serat dalam plum.

Satu buah plum bisa mengandung 1 gram serat. Makan plum telah terbukti lebih efektif dalam mengobati sembelit. Sembelit juga merupakan salah satu masalah pencernaan yang bisa muncul selama berpuasa. Mengonsumsi plum kering bisa membantu mencegah sembelit dan melancarkan pencernaan.

Aprikot

Jenis buah kering yang sering ditemui lainnya adalah aprikot. Aprikot adalah sumber antioksidan yang bagus, termasuk beta karoten dan vitamin A, C, dan E. Aprikot tinggi akan kandungan serat. Ini mencegah sembelit dan membuat tubuh merasa lebih kenyang.

Aprikot juga tinggi kalium. Ini merupakan mineral yang juga berfungsi sebagai elektrolit. Di dalam tubuh, kalium bertanggung jawab untuk mengirimkan sinyal saraf dan mengatur kontraksi otot dan keseimbangan cairan. Konsumsi aprikot kering bisa membantu menyeimbangkan cairan selama seharian berpuasa.

Buah Tin

Buah tin atau buah ara termasuk buah yang sering disebut dalam Al-Qur’an dan hadis. Buah tin kering adalah sumber serat makanan yang sangat baik, kaya mineral penting seperti kalium, zat besi dan kalsium. Buah tin juga kaya akan antioksidan yang meningkatkan kesehatan dan karbohidrat kompleks. Buah Tin mengandung serat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

Buah tin sangat kaya akan tembaga dan vitamin B6. Tembaga adalah mineral penting yang terlibat dalam beberapa proses tubuh, termasuk metabolisme dan produksi energi, serta pembentukan sel darah, jaringan ikat, dan neurotransmiter. Sementara vitamin B6 adalah vitamin kunci yang diperlukan untuk membantu tubuh memecah protein makanan dan membuat protein baru.

Ceri

Buah kering selanjutnya adalah ceri. Buah ceri cukup banyak ditemui dalam bentuk kering. Ceri adalah sumber vitamin A yang sangat melimpah – lebih khusus lagi, provitamin A, varietas yang paling umum adalah beta-karoten.

Ceri kering merupakan sumber tembaga yang baik. Tembaga juga mendukung kesehatan jaringan dengan melindungi dari radikal bebas. Ceri juga mengandung vitamin C yang bisa menjaga daya tahan tubuh.

Goji berry

Goji berry merupakan pilihan buah kering lainnya yang bisa dijadikan takjil berbuka. Buah ini dengan dikenal rasanya yang manis, sedikit asam dan rona merah cerah. Goji berry mengandung antioksidan yang sehat.

Porsi kecil buah kering ini sarat dengan serat, zat besi, dan vitamin A dan C. Zat besi adalah mineral penting yang terlibat dalam transportasi oksigen dan produksi sel darah merah yang sehat. Sementara itu, vitamin A dan C memainkan peran sentral dalam fungsi kekebalan dan bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh.

Kelengkeng

Kelengkeng termasuk buah yang sering dikeringkan. Kelengkeng kering bisa jadi salah satu pilihan takjil berbuka. Kelengkeng merupakan sumber vitamin C yang baik.

Kelengkeng kering sangat baik untuk mengatasi insomnia, menyehatkan jantung, memperkuat limpa, dan meningkatkan produksi darah merah. Buah kelengkeng kering merupakan salah satu bahan alami untuk mengatasi insomnia.

Written by mbak lintang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *