in

5 Manfaat Kesehatan yang Tersembunyi di Balik Segarnya Cincau

Salah satu minuman yang menjadi favorit banyak orang di bulan Ramadan seperti sekarang adalah cincau. Rasa menyegarkan dari minuman ini cocok dicampurkan dengan berbagai jenis minuman. Cincau hitam atau grass jelly merupakan minuman tradisional yang dipercaya memiliki fungsi sebagai obat di Indonesia. Cincau hitam sering kali dijadikan menu berbuka puasa saat Ramadan. Tak hanya itu, cincau hitam juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi hipertensi, diabetes dan penyakit hati.

Sebuah penelitian sebelumnya melaporkan bahwa ekstrak Hsia-tsao mengandung senyawa bioaktif yang memiliki sifat antioksidan, antibakteri, antimutagenik, hepatoprotesif, antihipertensi, antidiabetes, imunomodulator, dan pencegah kanker.

 

 

Cincau sendiri merupakan minuman yang cukup dikenal pada beberapa daerah di Asia. Minuman berbahan cincau ini sangat mudah diperoleh baik dalam bentuk utuh maupun sudah dalam bentuk minuman di dalam kaleng yang mudah diperoleh di toko-toko.

Minuman ini sendiri tidak hanya memiliki rasa yang menyegarkan dan lezat saja namun juga memiliki manfaat yang menyehatkan. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut sejumlah manfaat yang dapat diperoleh dari cincau.

Melancarkan Pencernaan

Cincau mengandung alkaloid serta memiliki vitamin B dan C juga di dalamnya. Adanya kandungan tersebut mampu membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sakit perut serta diare.

Cincau hitam membantu fungsi sistem pencernaan pada tingkat optimal karena senyawa gula dalam tanaman ini memiliki kemampuan untuk mengalahkan bakteri penyebab sakit perut.

Daun cincau hitam memiliki beberapa senyawa alkaloid yang mengandung vitamin B dan C dalam jumlah yang cukup banyak. Saat dikonsumsi, kombinasi kedua vitamin tersebut sangat efektif dalam mencegah diare.

Apalagi kandungan serat pada cincau hitam membantu membersihkan saluran pencernaan, sehingga meredakan sakit perut akibat mulas dan sembelit.

Mengontrol Berat Badan

Minuman ini kaya dengan serat yang membuatnya berperan besar dalam menjaga berat badan sambil menyediakan asupan nutrisi bagi tubuh. Cincau juga rendah kalori dan memiliki kandungan gula yang sangat dibutuhkan untuk menjaga asupan energi.

 

Cincau hitam mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat, di antaranya vitamin A, B1, C dan kalsium, fosfor, karbohidrat tetapi rendah kalori.

Semua ini sangat cocok untuk diet penurunan berat badan. Diet tinggi serat diketahui membantu menurunkan berat badan dengan mencegah kita mengalami rasa lapar sesekali dan dengan demikian mengurangi makan berlebihan.

Mencegah Konstipasi

Kandungan kaya serat yang dimiliki oleh cincau ini menjadikannya sebagai obat yang sangat baik melawan konstipasi. Hal ini tentu sangat penting untuk menghindarkan masalah kesehatan nan mengganggu dari dirimu.

Cincau hitam mengandung antioksidan seperti isokandrodendrin dan senyawa S-S tetandrin yang ampuh menghilangkan sel tumor pada kanker hati, ginjal, paru-paru, payudara dan serviks.

Sehingga, konsumsi cincau dalam bentuk bubuk atau minuman menjadikannya penangkal yang efektif untuk pencegahan kanker.

Menjaga Gula Darah

Cincau mengandung bisbenzylisoquinoline (alkaloid) dan klorofil yang bisa berguna untuk penderita diabetes. Dua kandungan tersebut sangat berguna untuk menstabilkan tingkat gula darah.

Kedua senyawa ini memastikan bahwa gula yang ditemukan dalam cincau tidak menyebabkan lonjakan insulin dalam bentuk apa pun.

Manfaat cincau hitam dapat melindungi sel-sel beta di pankreas yang memproduksi insulin. Dengan demikian, gula darah bisa terjaga sekaligus menekan risiko terkena penyakit diabetes tipe 2.

Lawan Malaria

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa cincau dapat menjadi obat yang sangat berguna untuk melawan malaria. Hal ini terjadi karena kandungan alkaloid yang ada di dalamnya.

Beragam manfaat itu bisa kamu dapatkan dengan konsumsi minuman menyegarkan ini. Sambil menghapus dahaga karena berpuasa seharian, kamu juga bisa sekaligus menyegarkan tubuh.

Apakah cincau baik untuk lambung?

Beberapa sumber menyebutkan bahwa daun cincau memiliki kandungan antioksidan yang mampu melindungi asam lambung dari kerusakan, seperti flavonoid, saponin, polifenol, tanin, alkaloid, serat pektin, mineral, dan vitamin.Zat flavonoid merupakan salah satu senyawa yang dapat mencegah radang dan menurunkan asam lambung. Daun cincau juga diketahui mengandung premnazol dan fenilbutazon.

Kedua senyawa ini mampu menurunkan aktivitas enzim, sehingga secara tidak langsung asam lambung yang terbentuk dalam tubuh Anda puh bisa menurun.Senyawa yang terdapat di dalam cincau hitam bersifat anti radang dan menekan pertumbuhan sel tumor.Sayangnya, penelitian yang menguji kebenaran manfaat daun cincau pada pengidap asam lambung masih terbatas.Beberapa sumber lain bahkan menyebutkan efek samping cincau pada orang yang sensitif, yaitu memicu peningkatan produksi asam lambung berlebih sehingga dapat menimbulkan nyeri ulu hati, mual, dan sesak napas.

Bijak mengonsumsi cincau hitam

Di Indonesia, sangat mudah menemukan minuman dengan bahan dasar cincau hitam dengan berbagai perpaduannya. Ada yang menyeduh dengan santan, dijadikan isian es campur, dan lain sebagainya.Memang ada banyak cara untuk mengonsumsi cincau hitam, bergantung pada pilihan setiap orang. Meski demikian, sebaiknya tahu batasan saat mengonsumsi cincau hitam.

Sebaiknya, jangan menambahkan pemanis atau santan terlalu banyak saat membuat minuman dengan bahan dasar cincau hitam. Selain itu, konsumsi wajar cincau hitam per harinya adalah 1-2 kali (dengan takaran 330 gram setiap penyajian). Pastikan pula tempat Anda membeli cincau hitam benar-benar bersih. Jika sudah dikemas, perhatikan tanggal kedaluwarsa dan tetap cek kondisinya saat akan mengolah.

sumber:https://www.merdeka.com/sehat/5-manfaat-kesehatan-yang-tersembunyi-di-balik-segarnya-cincau.html?page=3

Written by mbak lintang