in

15 Inspirasi Dekorasi Kamar Tidur tanpa Ranjang, Cantik dan Hemat Biaya

Kamar tidur menjadi salah satu bagian yang paling penting dari sebuah rumah. Dibandingkan dengan ruangan lain, kamar bisa memiliki peran yang penting untuk menjaga agar kamu punya kualitas tidur dan mood yang lebih baik sebelum atau sesudah memulai aktivitas.
Oleh karena itu, dekorasi kamar menjadi hal yang tak bisa luput dari perhatian. Apalagi untuk yang tinggal di kamar kos atau memiliki rumah dengan ukuran kamar yang kecil. Tentu dekorasi dan isi perabotan sangat diperhitungkan. Dalam pemilihan kasur misalnya, biasanya kasur tanpa dipan akan menjadi pilihan bagi mereka yang tidur di kamar berukuran kecil. Selain lebih simple, kasur tanpa dipan juga bisa jadi cara tepat untuk hemat tempat. Sehingga kamar kecil bisa tampak lebih luas dan nyaman.
Namun masalahnya, kamar dengan model kasur tanpa dipan ini bisa terkesan berantakan dan tidak menarik bila kamu tidak pandai dalam mengatur atau mendekorasinya. Salah satu tips mudah yang bisa membuat kamar tampak lebih eye catching, luas, dan tidak pengap adalah dengan menentukan dekorasi bernuansa monokrom. Kamu bisa mendominasi kamar dengan satu warna, misalnya putih. Lalu lengkapi dengan perabotan atau dekorasi dengan pilihan warna seperti cokelat, terracotta, hitam, biru, atau bahkan kuning.
Kebanyakan orang menganggap kasur yang nyaman dan ideal adalah kasur yang menggunakan ranjang. Sedangkan kasur lantai yang ‘lesehan’ itu identik dengan anak kos dan kontrakan. Padahal, menciptakan tempat tidur yang nyaman nggak selalu harus menggunakan ranjang lo. Penerapan area tidur lesehan yang tanpa ranjang kini mulai banyak diminati masyarakat perkotaan yang cenderung suka hal-hal praktis. Apalagi jika ukuran ruangan kamar nggak terlalu besar. Meski sederhana, penerapan kasur tanpa ranjang akan bikin ruangan jadi lebih lapang.

Tatanan kamar yang banyak digunakan oleh masyarakat adalah kasur lesehan atau yang diletakkan di lantai tanpa alas rangka ranjangnya. Pemilihan letak dan dan penempatan kasur seperti ini memang bukan tanpa alasan. Bisa jadi karena ruangan yang tidak terlalu luas atau mencari suasana baru dan lain dari biasanya.

Ingin ciptakan suasana baru yang hemat biaya pada desain kamar tidur anda ? Apalagi jika anda sendiri atau mungkin anak anda memiliki kamar kos dan kontrakan, menerapkan kamar tidur tanpa ranjang alias lesehan merupakan cara efektif yang low budget.

Selain dapat menghemat biaya pembelian dipan, dekorasi kamar pribadi juga lebih terkesan tidak berlebihan, membuat suasana kamar yang kecil menjadi tampak leluasa dan lebih cantik. Gimana anda tertarik ? berikut beberapa inspirasi dan tips mendekorasi kamar tidur tanpa ranjang yang tampil cantik dan tentunya hemat biaya.

Mulai dari peletakan kasur tanpa ranjang, bisa anda gelar karpet lantai menyesuaikan space kamar sebagai alas kasur yang bertujuan agar tidak mudah kotor karena debu lantai sekaligus membuat suasana bedroom lebih hangat untuk bersantai. Pilih bed single size jika ruang kamar anda terbilang sempit sehingga bisa anda lengkapi juga dengan standing lamp dan meja belajar lipat untuk menunjang aktifitas di dalam kamar. Sedangkan untuk warna seprai kasur bisa memilih warna kontras dari konsep cat dinding netral agar kesan hidup bisa terlihat nyata.

Menghadirkan suasana hangat selain menggunakan karpet lantai juga bisa anda aplikasikan parket kayu ataupun keramik batu alam yang memiliki keunggulan bisa menyerap udara menjadi lebih hangat dan menenangkan untuk waktu istirahat. Bed single size dengan bed cover abu-abu plan bisa nampak selaras dengan adanya aksen dinding walldecor serta cermin besar yang membuat kamar tidur tanpa ranjang berukuran kecil nampak lapang. Tidak perlu banyak biaya dan perabotan, tampilan kamar seperti ini sudah terlihat menarik, cantik dan nyaman di tinggali.

Jika ruangan anda luas, anda bisa menggunakan bed queen size dengan kasur tebal pada lantai kayu agar lebih nyaman untuk kualitas tidur anda. Selain itu, anda juga bisa menambahkan kursi rotan beserta coffee table santai di sudut ruang bergaya rustic yang posisinya mendekat ke jendela agar bisa menjadi area baca anda lebih homey walaupun pada kamar lesehan yang simple.

Selain itu backdrop TV, juga bisa melengkapi waktu santai anda lebih sempurna. Hemat biaya bisa anda antisipasi, mendekorasi kamar sendiri dengan furniture yang lebih penting serta penataan yang tepat dengan memperhatikan ruang aktifitas agar tetap lapang.

Pasang wallpaper dinding kesukaan anda, serta hiasi dengan berbagai ornamen yang mudah di cari dan lebih simple pada dinding agar lebih saving space, seperti walldecor, cermin rustik, tanaman juntai serta aksesoris mini agar menampilkan headboard kasur lebih cantik dan enak di pandang.

Posisi kasur lesehan yang anda letakkan mendekat ke posisi jendela justru merupakan cara paling efektif, pencahayaan matahari di pagi hari juga akan masuk maksimal membuat ruang lebih luas dari ukuran aslinya. Sedangkan ketika malam hari, anda bisa menutupinya dengan gorden yang bahannya lebih lembut dan hangat.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.

Written by mbak lintang